Ford Mustang GT V8 2010

Mobil ini merupakan facelift dari model sebelumnya. Perubahan ada pada lampu depan yg lebih argesif, interior dan Stability Control yang kini menjadi kelengkapan standard. Karakter American Muscle sangat kentara ketika kita ajak berlari, sentakan torque yg besar membuat mobil ini sangat mudah untuk kick down, tenaga sudah terasa di putaran bawah sehingga enak untuk touring.

Opel Blazer 2002-2005

Blazer generasi ketiga(2002-2005), diproduksi pertama kali tahun 2002. Generasi Ketiga 2002-2005 Chevrolet Blazer,Montera and Brazilian/Samba Produsen General Motors Indonesia. Masa dalam produksi 2002-2005.

Peugeot 206

Peugeot 206 masuk ke Indonesia tahun 2001 dengan model XR yang CBU. Nah untuk lebih lengkapnya sejarah Peugeot 206 di Indonesia adalah sbb: ane ambil dari milis 206 di Yahoo.

Mitsubishi Colt L300

GL300 merupakan kendaraan pick up yang dikategorikan sebagai light commercial truck. sejak pertama kali di keluarkan mobil ini sudah beberapa kali melakukan facelift hingga product terakhirnya yang dilengkapi dengan power steering yang bikin mudah untuk bermanuver.

Mercedes-Benz C Class W202

Mercedes W202 sebenarnya mobil yang enak untuk dipakai harian, di dalam kota, dan bahkan keluar kota. Versi yang C180 sayangnya, lebih enak untuk dipakai dalam kota, karena dengan transmisi matik, mobil ini useless dipakai keluar kota, apalagi dengan terrain Indonesia yang berbukit. Versi C200 jauh lebih enak ketimbang C180 dalam semua aspek.

Kamis, 07 Juni 2012

Honda Accord Cielo

Merk: Honda
Model: Accord
Kode Bodi : CD
Transmisi: MT 5 speed / AT 4 Speed
Tahun Pembuatan: 1994-1999
Harga Baru (1994) : 93 jt
Harga Second : 60 - 70 jt-an

Fasilitas :
Radio/Tape Alpine Single DIN with CD Changer
Power Seat
Electric Folding Mirror
Front Spoiler Lip
Side Skirt
Rear Wing Spoiler (optional)
Rear Spoiler Lip
Dial-type Climate Control AC
Power steering
Power window
Master Door Lock


Mesin :

Kode mesin : F22A6
Tipe mesin : 4 in-line SOHC, 16 valves
Kapasitas : 2156 cc
Bore x Stroke : 85.0 × 95.0 mm
Kompresi : 8.8:1
Tenaga Maksimum : 140 hp @ 5600 rpm
Torsi Maksimum : 193 Nm @ 4500 rpm


Kode Mesin : F22B1
Tipe mesin : 4 in-line SOHC, 16 valves V-TEC
Kapasitas : 2156 cc
Bore x Stroke : 85.0 × 95.0 mm
Kompresi : 8.8:1
Tenaga Maksimum : 145 hp @ 5500 rpm
Torsi Maksimum : 199 Nm @ 4500 rpm

Dimensi (P x L x T) : 4714 mm x 1781 mm x 1400 mm
Wheelbase : 2715 mm
Bobot : 1295 kg
Ukuran Ban :
195/60 R15

Ulasan :
Setelah masa produksi Honda Accord Maestro berakhir pada 1993, maka PT Honda Prospect Motor (HPM) menggantinya dengan model yang berubah total. Generasi baru ini diluncurkan pada awal 1994.

Accord ini memiliki dimensi lebih besar dan desain lebih modern dari sebelumnya. Sehingga memberi ruang kabin lebih lapang dari sebelumnya dan tampilan yang menarik. selain itu, PT HPM pun mengubah nama Accord generasi kelima menjadi Cielo.

Ada beberapa kelengkapan baru yang hinggap di Cielo. Seperti Electric Folding Mirror, Audio dengan remote dan CD Changer. Tapi ada kelengkapan pada Maestro yang dihilangkan pada Cielo, seperti panel pengatur AC digital. Kabin Accord kini lebih senyap, mewah, serta banyak tempat penyimpanan.

Dengan bertambah besarnya dimensi, bobot Cielo baru juga bertambah. Untuk mengkompensasikan hal itu, mesin lamanya diupgrade pada ECU, intake manifold dan camshaft.

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, Cielo mampu menjadi salah satu pemain kuat di segmen medium sedan pada era 90-an

Timeline :
1994 : Accord Cielo pertama kali diluncurkan. Body lebih bongsor dan kokoh dibanding generasi Maestro. Memakai basis mesin yang sama seperti Maestro PGM-FI.
1996 : Terjadi perubahan terhadap eksterior Cielo. Pada bagian buritan, lampu belakang yang sebelumnya berbentuk segitiga, diganti dengan lampu yang berbentuk trapesium dengan desain putih-merah. Pada bagian wajah, Gril, yang sebelumnya berwarna sama dengan bodi, diubah menjadi chrome dengan 1 garis melintang. Lampu sein pada bumper pun turut diganti warnanya menjadi kuning, sebelum nya berwarna putih. Bumper depan-belakang pun turut direvisi menjadi lebih menonjol. Desain velg pun turut direvisi juga (dari palang 7 menjadi palang 5)

Ringkasan :
Kesan sporty lebih kental pada Accord generasi kelima ini. Apalagi basis bodinya juga digunakan untuk balap mobil turing di Jepang (JTCC). Tapi sayang, imagenya justru kurang kuat di pasaran (terutama yang pre-facelift). Di tahun ketiga produksinya di Indonesia (1996), Accord Cielo dilengkapi VTEC. Namun buat Anda yang mencari kenyamanan berkendara yang

mendekati kualitas Eropa, Accord ini adalah alternatif yang tepat

Positif :
- Lincah
- Sporty
- Desain long-lasting
- akselerasi mangstab
- tenaga mesin besar
- kualitas kabin bagus
- kabin luas
- jok nyaman
- fitur lengkap

Negatif :
- boros
- perawatan dan spare-part mahal

Saran Pribadi (Subjektif) :
Bagi anak muda dan yang berjiwa muda, Accord generasi ini adalah pilihan yang bijak. Menurut pengalaman saya memakai berbagai generasi mid-size sedan Honda ini, Cielo merupakan Accord yang terbaik yang dibuat oleh Honda.

Rabu, 06 Juni 2012

Daihatsu Sirion 2008

Merk:
Daihatsu

Model:
Sirion

Transmisi:
Automatic, 4 speed ECT

Tahun Pembuatan:
2008

Harga Baru (pada saat punya/tes):
136.500.000

Harga Second (pada saat penulisan ulasan):
[/b] 10x.000.000
Spesifikasi Kendaraan:
mesin K3VE I4 1.3l, FF,

Ulasan:
mobil yang dijual dengan berbagai merk, antara lain sebagai Daihatsu Boon, Toyota Passo, Subaru Justy, dan Perodua Myvi. mobil ini bahkan merajai pasaran di Malaysia. Untuk pasaran indonesia, mobil ini diimpor dari pabrik Perodua di Malaysia. Dengan menggunakan banyak komponen dari model daihatsu/toyota lainnya, menghasilkan mobil kecil yang murah dan handal meski miskin fitur tambahan. Mesin K3VE yang bagi beberapa orang terasa kurang bertenaga di avanza terasa cocok di sirion yang lebih kecil dan ringan.

Positif:

- murah
- lega dibanding city car/small hatch lainnya di range harga yang sama
- banyak common parts dengan model toyota/daihatsu lainnya
- reliable. selama 3 tahun belum ada parts yang rusak...
- handling cukup enak... ngebut 150 kpj ke atas selama di garis lurus/pindah jalur masih PD
- relatif hemat. lebih hemat dikit dari avanza/xenia lah.

Negatif:

- depresiasi tinggi
- dianaktirikan sama Daihatsu Astra Indo
- build quality so-so, loose fittings dll
- kalau di luar jawa, mungkin ketersediaan spare parts slow moving agak lama
- bantingan keras
- sound proofing agak kurang
- performance & dress up parts susah

Catatan:


ada beberapa 'penyakit' bawaan yang gengges tapi ngga terlalu serius:
- pin kaliper OEM nya agak kekecilan jadi kadang oblak dan bikin berisik fixed di 2011 ke atas dengan pin kaliper yang gedean
- beberapa mengalami support s/a rusak/goyang lebih sering dari mobil lain *bikin berisik*
- karet2 jendela kadang cepat getas dan seret. *rutin spray pake silicon grease*
- karena karet jendela seret, jadi banyak komplain soal power window juga
- menurut orang Denso, kompresor AC nya sirion pakai sistem rotary, beda dengan kompresor lain di indo yang pakai piston... karena keunikannya, udah ada beberapa kasus kompresornya jebol setelah servis AC di bengkel non-resmi

Pendapat pribadi (subjective):

mobil yang cocok bagi mereka yang berprinsip function over form dan mengutamakan value. meski miskin fitur, tapi kelegaan dan kehandalannya memberikan nilai tambah sendiri bagi kaum berumur 20an akhir baik yang lajang maupun baru memulai keluarga dengan dana terbatas

Selasa, 05 Juni 2012

Chevrolet Spark 2010

Merk: Chevrolet
Model: All-New Spark (a.k.a. Daewoo Matiz / Chevy Beat / All-Spark~nickname)
Transmisi: Transformatic (semi otomatis)
Tahun Pembuatan: 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes): RP 147.500.000,- OTR JaBoDeTaBek
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): n/a

Spesifikasi Kendaraan:

K-Car class, 1.2 liter engine LS-Tech II DOHC, 5 seater, M/T & Semi Auto Transmission (transformatic), max output 82 PS @6.400 RPM, max torque 108 Nm @4.800 rpm (sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010...interior.Maksi)

Ulasan:

produk baru dari GMDAT untuk pasar Indonesia menggantikan Spark/Matiz generasi sebelumnya, lebih kental nuansa desain eropanya juga dari segi fisik lebih besar dari Spark/Matiz sebelumnya.

dalam kelas K-Car, Chevy Spark/Beat langsung berhadapan dengan Suzuki Splash, Suzuki New-Karimun Estilo, Hyundai i10, Proton Savvy & Cherry QQ

Positif:

- bodi lebih besar dari generasi sebelumnya berefek menambah kelapangan kabin & bagasi
- mesin baru 1200cc lebih bertenaga & gak terkesan pas-pasan
- harga kompetitif, Rp 139 jt untuk transmisi manual & Rp 147 jt untuk transmisi semi otomatis
- familiar bagi penggemar film Transformer
- dasbor & panel instrumen atraktif

Negatif:

- dasbor panjang, terkesan seperti menyetir mobil era 70-80 dengan bonnet yang panjang (lebih kaya nyetir kapal)
- ukuran lingkar roda 14 inci kurang memberi feedback handling yang mantap
- imej Chevrolet masih kurang bagus
- jaringan dealer & bengkel resmi belum banyak dibanding kompetitor
- switch panel power window pada door trim depan kurang ergonomis karena bentuknya yang turun melandai & mungil.

Ringkasan:

Jawaban GMAWI selaku ATPM Chevrolet di Indonesia atas dirilisnya Suzuki Splash, secara umum desain keduanya sama-sama unik dengan ukuran yang bisa disebut bantet namun hasil desain tersebut menambah kelapangan kabin.

Pendapat pribadi (subjective):

untuk keseluruhan mobil ini nggak mengecewakan kecuali pada segi ukuran roda yang kurang "menggigit" aspal karena tapak ban yang sempit, tapi hal itu bisa diakali dengan mengganti ukuran yang lebih besar ~ lingkar roda 15 inci dengan tapak ban lebar dirasa cukup.

karakter mesin & FC juga beda tipis dibanding Suzuki Splash, berkisar antara 1:14 untuk rute kombinasi dengan BBM RON92.

karakter transmisi manual untuk gigi 1 - 2 lebih lemot dibanding Splash tapi karakter gigi 3 - 4 - 5 sama persis, untuk opsi transmisi semi-otomatisnya cukup bisa diandalkan untuk penggunaan dalam kota tapi sayang karakter akleserasi juga lemot kaya transmisi manual.

urusan jarak bodi ke tanah (Ground Clearance / GC) juga kalah tinggi dibanding Splash tapi klo keluar sedikit dana untuk ngoprek kaki-kaki untuk mengganti per dan / atau shock-abs. tentunya akan lebih memuaskan lagi.

Senin, 04 Juni 2012

BMW E34 520i M50

Merk: BMW
Model: E34 520i M50 vanos 24 valve
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 1993-1995
Harga Baru (pada saat punya): N/A
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 35-65 juta


Spesifikasi Kendaraan:

2000cc DOHC 24 valve,PS,ABS, ECU Bosch Motronic 3.3, Front Engine- Rear Wheel Drive

Power/Torque : 150HP@5900RPM, 200NM@4200RPM

Performance
Akselerasi 0-100: 10,5 detik(manual transmission)
Top speed: 209 km/h

Ulasan:
BMW E34 merupakan dobrakan BMW yang mengeluarkan model seri 5 yang memiliki desain body sangat berbeda dari model pendahulunya (E28).


Positif:
- Teknologi mesin relatif canggih untuk ukuran tahun 1995, Vanos(variable valve timing), knocking sensor, distributorless ignition, coil on plug, thin film Mass Air Flow hasilnya power vs cylinder capacity cukup baik untuk ukuran mobil harian Normal Aspirated (75 HP/liter)

- Relatif irit untuk pemakaian dengan kecepatan sekitar 80-90 km/h (1:12-15)
- Ground clearance tinggi
- Meski bentuknya terkesan "oldies" namun memiliki aerodynamic yang cukup bagus cd 0.31




Negatif:
- Relatif boros jika dijalankan pada kecepatan >120-150 km/h (1:5-6).
- Sistem kemudi masih menggunakan Recirculating Ball, feedback stir yang dirasakan pengemudi kurang.
- Tidak dilengkapi airbag.


Ringkasan:
Mobil ukuran medium (4,7m) yang nyaman dengan sporty handling

Pendapat pribadi (subjective):
- Suspensi standard memiliki paduan yang pas antara sporty dengan kenyamanan, mobil cukup lincah untuk bermanuver gesit namun tetap memberikan kenyamanan yang cukup baik bagi penumpangnya. Mobil cukup panjang (4,75m) namun memiliki kelincahan serasa mobil berukuran kompak (3,5-4m).

- Harga parts mesin mudah & relatif murah, karena menggunakan mesin yang identik dengan BMW Seri 3 320i (E36) yang populasinya jauh lebih banyak. Harga parts mesin mirip2 dengan harga parts kijang innova

- Meski mesinnya kompresi tinggi(1:11) namun tidak brebet jika menggunakan premium.

- Salah satu mobil 2nd yang price vs value sangat bagus (kalau kondisinya masih bagus )

Minggu, 03 Juni 2012

Toyota Corolla KE-20 1974

► Merk: Toyota
► Model: Corolla KE-20
► Transmisi: M/T
► Tahun Pembuatan: 1972-1974
► Harga Baru (pada saat punya/tes): N/A
► Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 10-30jt tergantung kondisi
► Spesifikasi Kendaraan:
- 1166cc
- 4 silinder karburator
- 4 percepatan manual, 1 R
- RWD - Penggerak roda belakang
- AC - optional
- Non PS/PW


Ulasan
Merupakan generasi ke2 dari varian "Corolla" dengan mesin 4 silinder 1166cc karburator dengan kode KE-20. Termasuk dalam kategori small sedan, corolla KE-20 memiliki body yang ramping namun dengan plat body yang cukup tebal, khas mobil" jaman dahulu. Hadir dengan 2 varian, 4 door sedan & 2 door sedan, hanya saja yang masih banyak dijumpai dijalan adalah versi 4 door sedannya, sedang yang 2 door masuk dalam kategori mobil langka, bisa dihitung populasinya.

Mobil ini termasuk mobil yang luar biasa bandel, durability khas Toyota, dengan torsi yang termasuk badak untuk ukuran cc kecil. Berbicara soal handling, tidak bisa dibilang baik walau tidak jg termasuk dalam kategori buruk, karena mobil ini berpenggerak belakang jadi kurang lincah dalam melahap tikungan. Yang menyenangkan, walau kini berusia tua - 37 tahun, namun untuk urusan spareparts baik mesin maupun kaki" masih sangat mudah diperoleh, bahkan di kota" kecil sekalipun. Fitur, nope, dalam kondisi standar KE-20 bahkan tidak dilengkapi dengan AC, hanya blower yang tersedia untuk menyuguhkan angin sepoi" dalam kabin , AC (kalau tidak salah) dimasukkan dalam opsional pada waktu itu -1974. Top speed yang pernah saya capai dengan mobil ini - standart ting" berkisar 110km/jam. Bagi penggemar modifikasi, KE 20 merupakan "bahan" yang baik untuk dijadikan mobil drag/drift, banyak mesin yang bisa di swap tanpa perubahan berarti pada KE-20.


Positif
► Sparepart mudah & murah
► Perawatan super gampang
► Torsi tergolong badak walau cc kecil
► Kaki" yang tangguh, empuk

Negatif :
► Sudah termasuk dalam mobil tua, collector item
► Kabin tergolong sempit walau masih cukup nyaman untuk small sedan
► Kurang lincah di tikungan
► Fitur minim, iyalah 1974

Kesimpulan :

Toyota Corolla KE-20 merupakan mobil yang menyenangkan untuk dipelihara, terlebih bagi yang hobi dengan mobil" retro, atau bagi anda yang baru pertama kali memiliki mobil, mobil ini cocok sebagai bahan "coba coba" karena mesinnya yang simple, perawatan mudah, part murah, walau usianya sudah cukup "sepuh", 37 tahun. Nyaris tidak ada masalah berarti pada mobil ini, bagi anda yang suka modif, bolehlah dijadikan bahan untuk retroisme karena pada dasarnya mobil ini cukup cantik, menurut pendapat saya, dan jika dalam kondisi baik pasti menggoda setiap mata untuk meliriknya. Contohnya?Mobil saya sendiri yang sudah dimodif kecil"an , pamer dikit foto" si putih ah

Sabtu, 02 Juni 2012

Suzuki Escudo 2.0 2001

Merk:
Suzuki Escudo 2.0

Model:
medium SUV 2WD

Transmisi:
manual 5 speed dan AT 4 speed

Tahun Pembuatan:
2001 - 2006
Harga Baru (pada saat punya/tes): 230-an kalo ga salah

Harga Second (pada saat penulisan ulasan):
100jt - 135jt

Spesifikasi Kendaraan:

2.0L 4 cyl in-line, 16 valve DOHC 128hp RWD

Ulasan:
Escudo 2.0 merupakan generasi ke-2 dari keluarga Suzuki Escudo/Vitara. Sejak 1992 Suzuki mengeluarkan SUV-nya berupa Vitara-Escudo-Sidekick, baru pada tahun 2001 pihak Suzuki mengeluarkan SUV yang benar2 baru (tidak sekedar minor change / facelift) dengan desain modern dan membulat.

Kini kabinnya lebih nyaman dan lebih luas dibanding model terdahulunya, ditambah dengan adanya mesin yang bertenaga besar plus exteriornya yang terlihat jauh lebih modern membuat SUV Suzuki ini sangat menjanjikan..
produk ini diposisikan sebagai medium SUV 4x2 di tanah air yang saat itu masih sedikit pemainnya.. pada awal beredarnya, SUV ini praktis hanya memiliki CRV dan Santa Fe sebagai lawan mainnya yang membuat penjualanannya lumayan baik. Akan tetapi, peluncuran CRV generasi ke-2, dan berdatangannya para kompeitor mulai dari X-Trail, Escape, Tribute membuat penjualanannya menjadi berkurang, dan produknya juga mulai dinilai ketinggalan dibanding para rival..

Mesin yang diusungnya-pun cukup bertenaga, tahan lama dengan perawatan yang mudah.. Sayang, transmisi otomatisnya masih ketinggalan zaman, membuat perpindahan gigi dan penyaluran tenaga mesin ke roda menjadi kurang efektif. Selain itu, konsumsi BBM-nya juga tergolong boros..

Ada beberapa perubahan yang dilakukan pihak Suzuki selama beredarnya Escudo generasi ini.. tahun 2002 Suzuki memperlengkapi produknya ini dengan ABS.. di tahun 2003, Suzuki melakukan perubahan di area interior dan kaki2 Escudo yang membuatnya semakin nyaman dan modern.. Untuk mnandingi para rivalnya, pihak Suzuki akhirnya mengganti Escudo ini menjadi Grand Vitara pada tahun 2006..

Positif:
- model oke
- mesin bandel
- tarikan lumayan oke
- perawatan murah dan mudah khas Suzuki
- jaringan bengkel tersebar luas
- posisi mengemudi enak
- kaki2 kuat

Negatif:
- lumayan boros (tapi saya dapat 1:10 di jalur kombinasi)
- bantingan keras di generasi awal

Ringkasan:
SUV tepat bagi anda yang memiliki budget 100jt-130jt.. Memiliki mesin yang tangguh dan mudah perawatannya dengan model eksterior yang keren.

Pendapat pribadi (subjective):
kalo menurut pendapat pribadi, SUV ini sangat worthed dibanding dengan harganya.. Perawatannya mudah dan mesinnya tangguh..
Untuk konsumsi BBM yang dibilang orang cukup boros, itu lebih tergantung kepada gaya mengemudinya saja.. rute tol- luar kota-dalam kota-macet-muatan barang full+5 orang penumpang, saya bisa dapat 1:10 dengan menggunakan premium dan transmisi manual...
kenyamanannya juga cukup memadai baik untuk luar kota maupun dalam kota dengan posisi nyetir yang menurut saya hampir 'sempurna'..

Jumat, 01 Juni 2012

Peugeot 307

Merk: PEUGEOT
Model: 307 sporty
Transmisi: Manual 5 speed
Tahun Pembuatan: 2001
Harga Baru (pada saat punya/tes): 260jt sekian
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 90-100jt-an

Spesifikasi Kendaraan:

-1.6 L (1587 cc) TU5 I4, 110 PS (81 kW; 108 hp) and 110 lb·ft (150 N·m)
-5 door hatchback
-Electronic multi-point for petrol
-Ventilated front discs
-Rear discs


Safety
-Driver and front passenger airbags
-Front side airbags
-Full length curtain airbags
-ABS with Electronic Brake Force Distributon (EBFD)
-Emergency Brake Assist
-Side impact absorbent door padding (front doors)
-Retractable steering column
-Traction Control
-Pretensioning and force limiting front seatbelts
-Height adjustable front seatbelts
-Three rear 3point seatbelts
-Two force limiting rear seatbelts
-Rear door child safety locks
-Rear seat child restraint anchorage points
-Automatic door unlocking in accident
-Automatic activation of hazard lights under emergency braking

SECURITY
-Rolling code transponder immobiliser
-Visible VIN number
-Lockable glove box
-Internally operated central locking
-Delayed automatic locking (functions when vehicle is unlocked but not entered)
-Automatic locking boot (activated by vehicle moving)
-Security coded audio system
-Locking fuel filler cap
-Door ajar warning
-Key in ignition lock warning alarm

COMFORT AND CONVENIENCE
-Speed sensitive power steering
-Remote control central locking
-Cruise control + speed limiter
-One touch electric windows with antipinch feature
-Height and reach adjustable steering wheel
-Electrically operated and heated door mirrors
-Electric folding door mirrors
-Tinted glass
-Athermic (heat reflective) windscreen
-rain sensor

HEATING AND VENTILATION
-Digital climatecontrol air conditioning with dual control
-Air conditioned glove box
-Pollen filter
-Odour reducing charcoal filter

INSTRUMENTS
-Speedometer with digital odometer and digital trip recorder
-Rev counter
-Water temperature and fuel gauges
-Oil level gauge
-Distance to next service indicator
-Instrument panel lighting dimmer
-Trip computer
-External temperature gauge
-Multifunction digital display, warning messages and vehicle check

Ulasan: small family car produksi peugeot thn 2000 ini meraih best european car of the year thn 2002, dan masih diproduksi hingga thn 2009 di china, 307 di rencanakan sebagai suksesor dr peugeot 306, 307 sendiri mengambil platform dr 306 yang di sempurnakan kembali, meski dimensinya jauh lebih besar dari 306.
307 terdiri dr beberapa varian body style, hatchback, sedan, Coupe Cabriolet, Station Wagon.
salah satu mobil dengan fitur yang paling lengkap di kelasnya dengan harga seken yang sangat menarik, 6 airbag, rain sensor, ABS, speed sensitve power steering assistance, emergency brake assist, follow me home dsb dsb , meski bukan rahasia lg parts2 peugeot relatif lebih mahal (setidaknya doktrinnya ky gitu ). Mobil ini meski hatchback, sebenarnya bukan murni small family car krn ukurannya sedikit lebih besar dan lebih kecil dr compact MPV bahkan kalo parkir samping2an dgn avanza ukuran panjangnya hampir sama. kabin lapaaang!
tenaga untuk putaran bawah aga kurang cihuy tapi mantep di puteran atas
suspensi empuk abisss! stabil

Positif:
-banyak fitur2 yang canggih
-suspensi nyamaaann
-lapang
-styling long lasting
-eurocar of the year 2002

Negatif:
-issue mengenai realiabity khususnya di Inggris untuk tahun produksi 2001
-build quality yg biasa2
-komputer yang reseh (driving kurang asik kalo komputer terus2an mengindikasi ada sesuatu yang salah dengan mobilmu)
-ga cocok untuk orang yang cuma make ga rajin servis, rada sensitif krn hampir semua elektrikal di atur oleh komputer
-suspensi selain menjadi kelebihan juga menjadi kekurangan krn terlalu empuk umurnya relatif lebih singkat apalagi kalo karakter mengendaranya maen hantem jalan jelek
-BBM HARUS pertamax plus!
-part katanya mahal

Ringkasan: seperti mobil2 eropa, harga barunya di luar jangkauan, tp kalo sekennya sangat patut di coba, apalagi sarat fitur2 yang mantep!

Pendapat pribadi (subjective): Best Car I've Ever Drive!

BEST!